HMPD SEMAKU KM FKIK UMY MEMBINA DESA UNTUK TURUNKAN ANGKA HIPERTENSI

December 13, 2023, oleh: superadmin

Ahad, (10/12) Himpunan Mahasiswa Program Studi Kedokteran SEMAKU UMY melaksanakan pembukaan Program Kerja Desa Binaan di Dukuh Petung, Kelurahan Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Yogyakarta. Kegiatan berupa acara pembukaan yang dihadiri oleh Bapak Dukuh, Pembina HMPD Semaku, dr. Gagah Buana P, Sp.JP, Ketua Umum HMPD Semaku, Arina Latifana B, Ketua Pelaksana Program Kerja Desa Binaan, Nabilla Desi F, serta 14 panitia dari HMPD Semaku, ibu-ibu kader, karang taruna, dan bapak RT setempat.

Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan gratis bagi lebih dari 80 warga pra lansia dan lansia yang terindikasi memiliki riwayat hipertensi sesuai dengan tema yang kami angkat yaitu Wujudkan Langkah Promotif Preventif Penyakit Tidak Menular dengan fokus hipertensi dimana angka hipertensi di Dukuh Petung sendiri mencapai 77,1% dan 70 warga dari angka tersebut belum mendapatkan pengobatan secara teratur.

Pemeriksaan Tekanan darah, Gula darah, Asam Urat, dan Kolesterol oleh Pengurus HMPD Semaku

Rangkaian pemeriksaan diawali dengan Pos pengecekan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol oleh teman-teman pengurus HMPD Semaku. Kemudian, warga membawa kertas hasil pemeriksaan dan menyerahkannya kepada salah satu dari 3 dokter yang bertugas. Dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan serta mengedukasi warga, kemudian warga berkesempatan menyampaikan keluhan yang dialami, lalu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik bila diperlukan, dan dilanjut meresepkan obat sesuai dengan dibutuhkan warga. Kemudian, warga dapat menyerahkan resep dokter ke pos peresepan obat. Warga akan mendapatkan obat sesuai dengan resep dokter serta dijelaskan mengenai aturan pemakaian (konsumsi) obat.

Pemeriksaan dan Konsultasi Kesehatan Warga oleh Dokter

Program kerja Desa Binaan bertema “Wujudkan Langkah Preventif dan Promotif Penyakit Tidak Menular” ini berfokus pada tindakan pencegahan dan promosi kesehatan terutama penyakit hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Menurut Kemenkes, Hipertensi dapat dicegah dengan melakukan screening awal untuk mengetahui resiko seseorang terhadap tingginya tekanan darah. Selain itu hipertensi dapat dicegah dnegan mengendalikan perilaku beresiko seperti merokok, pola hidup sehat, dan kelola stress.

Dengan kesadaran itulah, teman teman pengurus HMPD Semaku KM FKIK UMY dengan binaan dr Gagah Buana Putra, Sp.JP ingin merealisasikan usaha penekanan angka Hipertensi terutama di Dukuh Petung, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta demi Indonesia yang lebih sehat. (ri)